• Inspirasi
  • » CEMBURU

    Tuesday, July 12, 2016

    CEMBURU


    C E M B U R U
    Anda pasti pernah merasakan rasa itu. Tak harus yang pernah atau sudah mempunyai pasangan. Anak balita pun bisa merasa cemburu. Saat lahir anggota keluarga baru, ia pun merasa mulai diabaikan sang ortu. Apalagi anak remaja jaman sekarang, hanya kenal lawan jenis di sosial media bisa cemburu buta. Gara-gara hal sederhana, dia yang dipuja lupa pencet tombol suka atau tak membalas komentarnya. Apalagi jika "si dia" berakrab ria dengan kawan lawan jenis, tiba-tiba ingin tutup akun saja rasanya.
    Inilah cemburu, sulit dimengerti namun faktanya ada. Apalagi bagi wanita yang katanya mampu menyembunyikan cinta hingga belasan tahun lamanya. Namun tak bisa menyembunyikan rasa cemburu walau hanya beberapa menit saja. Padahal cemburu tanda cinta, berarti … anda pasti tahu jawabannya.
    Mengapa Allah adakan rasa cemburu di hati manusia?
    Setiap rasa yang hadir dalam jiwa pasti ada hikmahnya. Kita mengerti betapa panas hati saat cemburu menguasai. Begitu menyakitkan saat melihat pengkhianatan. Itulah cemburu … tetapi perlu kita tahu bahwa Allah itu punya rasa cemburu. Ya, Allah itu sangat pencemburu, meski sifat Allah tidak bisa disamakan dengan manusia. Tetapi setidaknya kita sedikit mengerti bilamana Allah cemburu.
    Rasulullah SAW bersabda :
    "Sesungguhnya Allah itu cemburu. Dan kecemburuan Allah datang, bilamana seorang mukmin melakukan hal yg diharamkan Allah."  [HR Bukhori  No.4822]
    Kita bisa mengerti mengapa Allah tidak butuh amal manusia yang terselip niat untuk selain-Nya. Meski amal setumpuk gunung akan hancur lebur tak bersisa. Semua tidak ada guna jika kita menyembah namun "mendua". Meski seseorang itu berperang di jalan Allah hingga tercabut nyawanya. Walau ia berderma seberat gunung Gamalama. Bahkan jika umur seseorang dihabiskan untuk ibadah dan tilawah. Namun bila hati masih mendua, lebih berharap pujian dunia. Maka Allah memilih mundur dan berpaling. Biarlah mereka hanya mendapat ridho manusia di dunia, lalu  di akhirat dicampakkan ke dalam api neraka.
    Manusia saja dimaklumi jika berkata pada pasangannya,"Jangan ada yang lain di antara kita!" Padahal ia hanya punya sedikit andil, bahkan mungkin lebih besar andil orang tua yang melahirkan dan membesarkannya. Sedangkan Allah memiliki andil penuh atas jiwa raga manusia. Tentu lebih pantas jika "tak boleh ada yang lain" antara Allah dan seorang hamba.
    Cemburu dan cinta ibarat mata rantai yang tak terpisahkan. Betapa besar cinta Allah pada hamba-Nya, sehingga perbuatan manusia yang menzalimi diri sendiri membuat Allah cemburu. Semua karena cinta. Biarkan rasa ini berkecamuk hingga melahirkan kristal bening keintiman antara hamba dengan Tuhannya. Berpendar dalam  kata dan karya sederhana namun penuh daya. Seuntai ucap tasbih  dari hati yang penuh cinta akan lebih utama dari seribu tasbih namun hanya senam lidah semata. Begitulah saat cinta hadir dalam hati manusia,  ia akan bermuara kembali pada Sang Maha Cinta.


    0 comments:

    Post a Comment

    Silahkan Di Comment and Share

    SEKOLAH GALAU

    Inspirasi Buat Status Galau Loe

     
    Copyright © . SEKOLAH GALAU - Posts · Comments
    Thank You Sekolah Galau · Powered by Sekolah Galau